Home   News   Readathon di SDK PENABUR Bekasi

Readathon di SDK PENABUR Bekasi

Tahukan teman-teman apa itu readathon?
Readathon berasal dari gabungan dua kata yaitu “read” (membaca) dan “marathon” (lomba lari jarak jauh). Jadi, Readathon adalah saat dimana kita harus membaca buku dalam jangka waktu tertentu tanpa henti.

Dalam readathon, membaca harus dilakukan marathon atau terus-terusan dalam satu kesempatan.

Siswa-siswi SDK PENABUR Bekasi telah melakukan readathon yang berlokasi di halaman sekolah. Siswa membaca dengan duduk senyaman mungkin, sementara guru-guru ikut membaca sambil mengawasi jalannya readathSiswa-siswi SDK PENABUR Bekasi telah melaon. Kegiatan ini merupakan pengalaman baru dalam gerakan literasi di sekolah kami. Seluruh siswa membaca buku non pelajaran selama 40 menit dengan
teknik membaca senyap. Sebagai review dilakukan secara lisan dimana siswa menceritakan kembali buku yang telah dibaca. Readathon yang dipandu oleh Bu Rini guru kelas 4 dan Bu Betty sebagai pustakawan di sekolah kami merupakan salah satu kegiatan dalam program Gerakan Literasi Sekolah. Kegiatan ini memotivasi siswa-siswi untuk gemar membaca sebagai karakter awal untuk menjadi literat. Selain readathon, sekolah kami juga membiasakan membaca buku selama 15 menit setiap hari, jika siswa telah menyelesaikan satu buku dan dapat menceritakan kembali isi buku yang dibaca, maka siswa tersebut akan mendapat daun literasi atau buah literasi. Daun literasi atau buah literasi tersebut bertuliskan nama siswa dan judul buku yang telah selesai dibaca yang akan ditempelkan pada pohon literasi yang ada di setiap kelas.

Ayo…kawan-kawan….rajinlah membaca, dengan membaca dunia ada di genggaman kita.

Berikut ini foto kegiatan readhaton yang telah dilakukan SDK PENABUR Bekasi pada hari
Selasa, 10 Oktober 2017. Dan pohon literasi di kelas III

(Rahayu, Waka SDK Bekasi)

 
    Calendar icon October 19, 2017 Category icon News

Share